Analisis SWOT adalah metode perencanaan strategis
yang digunakan untuk mengevaluasi kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses),
peluang (opportunities), dan ancaman (threats) dalam
suatu proyek atau suatu spekulasi bisnis.Proses ini melibatkan
penentuan tujuan yang spesifik dari spekulasi bisnis atau proyek dan
mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yang mendukung dan yang tidak
dalam mencapai tujuan tersebut.
Analisa SWOT meliputi 4
hal utama yang akan dinilai yakni sebagai berikut:
1. Strengths
atau kekuatan, yaitu kekuatan apa yang dimiliki oleh sebuah perusahaan untuk
dapat menghasilkan suatu keuntungan.
2. Weaknesses
atau kelemahan, yaitu kelemahan apa yang dimiliki oleh sebuah perusahaan
sehingga tidak mampu mengambil peluang dan keuntungan bisnis.
3. Opportunities
atau peluang, merupakan kesempatan-kesempatan yang dimiliki oleh perusahaan
untuk dapat tampil mendapatkan keuntungan sebanyak-banyaknya.
4. Threats
atau ancama, merupakan hal-hal yang akan menjadi ancaman di masa akan datang
terkait penyelenggaraan sebuah usaha bisnis. Ancaman bisa dari dalam perusahaan
atau dari luar perusahaan. Dari luar perusahaan misalnya munculnya pendatang
baru atau adanya kompetitor yang cukup kuat.
Manfaat yang akan
didapatkan dengan adanya analisa SWOT, berikut ini beberapa diantaranya:
1. Menjadi bentuk bahan evaluasi kebijakan
strategis dan sistem perencanaan sebuah perusahaan. Analisa SWOT akan membantu
perusahaan dalam memikirkan berbagai upaya evaluasi kebijakan yang dirasa
merugikan dan mana yang menguntungkan. Menetapkan berbagai rancangan terbaru
sebagai solusi berbagai masalah yang ditemukan melalui evaluasi analisa SWOT
tersebut.
2. Sebagai panduan bagi perusahaan untuk menyusun berbagai kebijakan
strategis terkait rencana dan pelaksanaan di masa akan datang. Dengan adanya
analisa ini, maka diharapkan perusahaan akan mampu memilih kebijakan dan
rencana terbaik untuk perkembangan bisnis di masa akan datang.
3. Memberikan informasi mengenai kondisi
perusahaan, selanjutnya melalui informasi yang ada tersebut akan menjadi
pedoman bagi pemilik perusahaan maupun perancang kebijakan untuk melakukan
berbagai kebijakan baru sebagai solusi atas hasil analisa yang sudah ada.
4. Memberikan tantangan ide-ide baru bagi pihak manajemen perusahaan.
Adanya berbagai permasalahan seperti kelemahan, peluang serta kekuatan yang
kecil ataupun ancaman dari pihak luar akan mendorong bagian dari manajemen
perusahan untuk menemukan berbagai ide kebijakan yang lebih fresh dan akan
lebih efektif menjadi solusi atas berbagai permasalahan yang ada
Faktor yang mempengaruhi Analisis SWOT, diantarannya:
1. Faktor Internal
· Sumber daya yang dimiliki
· Keuangan (finansial)
· Kelebihan atau kelemahan internal organisasi
· Pengalaman organisasi sebelumnya
baik berhasil maupun gagal.
2. Faktor Eksternal
· Trend
· Budaya, social politik, idiologi dan
perekonomian
· Sumber modal (sponsor)
· Peraturan pemerintah
· Peristiwa yang terjadi
· Lingkungan.
Berdasarkan data kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang ada anda dapat melakukan pendekatan strategi sebagai berikut:
1. Strenght – Opportunities : Menggunakan kekuatan-kekuatan yang ada untuk menciptakan kesempatan-kesempatan.
2. Streinght – Threats : Menggunakan kekuatan-kekuatan untuk menghindari dan mengeliminir ancaman-ancaman yang ada.
3. Weaknesses – Opportunities :Menghilangkan kelemahan-kelemahan yang ada untuk menciptakan kesempatan-kesempatan.
4. Weaknesses – Threats : Menghilangkan kelemahan-kelemahan agar menghindari ancaman-acaman.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar