Kamis, 24 November 2016

Analisis SWOT

Picture


Analisis SWOT adalah metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities), dan ancaman (threats) dalam suatu proyek atau suatu spekulasi bisnis.Proses ini melibatkan penentuan tujuan yang spesifik dari spekulasi bisnis atau proyek dan mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yang mendukung dan yang tidak dalam mencapai tujuan tersebut.

Analisa SWOT meliputi 4 hal utama yang akan dinilai yakni sebagai berikut:
1. Strengths atau kekuatan, yaitu kekuatan apa yang dimiliki oleh sebuah perusahaan untuk dapat menghasilkan suatu keuntungan.
2. Weaknesses atau kelemahan, yaitu kelemahan apa yang dimiliki oleh sebuah perusahaan sehingga tidak mampu mengambil peluang dan keuntungan bisnis.
3. Opportunities atau peluang, merupakan kesempatan-kesempatan yang dimiliki oleh perusahaan untuk dapat tampil mendapatkan keuntungan sebanyak-banyaknya.
4. Threats atau ancama, merupakan hal-hal yang akan menjadi ancaman di masa akan datang terkait penyelenggaraan sebuah usaha bisnis. Ancaman bisa dari dalam perusahaan atau dari luar perusahaan. Dari luar perusahaan misalnya munculnya pendatang baru atau adanya kompetitor yang cukup kuat.

Manfaat yang akan didapatkan dengan adanya analisa SWOT, berikut ini beberapa diantaranya:
1.  Menjadi bentuk bahan evaluasi kebijakan strategis dan sistem perencanaan sebuah perusahaan. Analisa SWOT akan membantu perusahaan dalam memikirkan berbagai upaya evaluasi kebijakan yang dirasa merugikan dan mana yang menguntungkan. Menetapkan berbagai rancangan terbaru sebagai solusi berbagai masalah yang ditemukan melalui evaluasi analisa SWOT tersebut.
2. Sebagai panduan bagi perusahaan untuk menyusun berbagai kebijakan strategis terkait rencana dan pelaksanaan di masa akan datang. Dengan adanya analisa ini, maka diharapkan perusahaan akan mampu memilih kebijakan dan rencana terbaik untuk perkembangan bisnis di masa akan datang.
3. Memberikan informasi mengenai kondisi perusahaan, selanjutnya melalui informasi yang ada tersebut akan menjadi pedoman bagi pemilik perusahaan maupun perancang kebijakan untuk melakukan berbagai kebijakan baru sebagai solusi atas hasil analisa yang sudah ada.
4. Memberikan tantangan ide-ide baru bagi pihak manajemen perusahaan. Adanya berbagai permasalahan seperti kelemahan, peluang serta kekuatan yang kecil ataupun ancaman dari pihak luar akan mendorong bagian dari manajemen perusahan untuk menemukan berbagai ide kebijakan yang lebih fresh dan akan lebih efektif menjadi solusi atas berbagai permasalahan yang ada

Faktor yang mempengaruhi Analisis SWOT, diantarannya:
1. Faktor Internal
















·        Sumber daya yang dimiliki
·        Keuangan (finansial)
·        Kelebihan atau kelemahan internal organisasi
·        Pengalaman organisasi sebelumnya baik berhasil maupun gagal.

2. Faktor Eksternal


·        Trend
·        Budaya, social politik, idiologi dan perekonomian
·        Sumber modal (sponsor)
·        Peraturan pemerintah
·        Peristiwa yang terjadi
·        Lingkungan.

Berdasarkan data kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang ada anda dapat melakukan pendekatan strategi sebagai berikut:
1.   Strenght – Opportunities : Menggunakan kekuatan-kekuatan yang ada untuk menciptakan kesempatan-kesempatan.
2.   Streinght – Threats : Menggunakan kekuatan-kekuatan untuk menghindari dan mengeliminir ancaman-ancaman yang ada.
3.   Weaknesses – Opportunities :Menghilangkan kelemahan-kelemahan yang ada untuk menciptakan kesempatan-kesempatan.
4.   Weaknesses – Threats : Menghilangkan kelemahan-kelemahan agar menghindari ancaman-acaman.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar